Rabu, 27 Agustus 2014

Purbalingga jadi tuan rumah MHQ XI tingkat Provinsi Jawa Tengah lho,....


Kerabat Muda, Purbalingga terhitung 26 Agustus kemarin menjadi tempat dihelatnya Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren XI Provinsi Jawa Tengah. Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) adalah salah satu kegiatan yang sangat menunjang dalam peningkatan kualitas pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Dan semalam telah dilangsungkan Pembukaan MHQ XI di Alun-alun Purbalingga.


Pembukaan lomba menghafal Al Qur’an bagi kalangan pondok pesantren di Jawa Tengah ini, ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko bergantian dengan Ketua Lembaga Penyelenggara Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Tengah Nur Ahmad, Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, Wabup Tasdi dan Ketua Panitia MHQ Imam Subijakto.

Gubernur Ganjar Pranowo melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wagub Heru Sudjatmoko menilai, penyelenggaraan MHQ sangat pas dengan situasi masa sekarang dimana terdapat era transisi pemerintahan. Sementara Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan MHQ yang diselenggarakan selama tiga hari (26-28/8), merupakan momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat ukuwah islamiyah sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap isi kandungan Al Qur’an utamanya di kalangan pondok pesantren.

Sementara itu saat menyambut dalam opening ceremony MHQ, menurut Ketua LPTQ Jawa Tengah, Nur Ahmad, pelaksanaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) ini adalah yang termegah dibanding pelaksanaan MHQ sebelumnya.“Saya tidak tahu anggaranya berapa. Tapi yang pasti penyelenggaraanya luar biasa. Ini MHQ paling meriah dari 10 MHQ yang pernah ada,” ujar Nur Ahmad sembari menawarkan kabupaten/kota lainnya untuk menjadi tuan rumah MHQ berikutnya. Nur Ahmad juga memastikan, penyelenggaraan MHQ di Jawa Tengah yang sudah ada sejak 2002,merupakan satu-satunya di Indonesia. Tidak ada provinsi lain yang menyelenggarakan kegiatan serupa. Bahkan, kegiatan semacam MTQ pelajar, MTQ mahasiswa dan MHQ pesantren telah menjadi ciri khas provinsi Jawa Tengah.Musabaqoh dilaksanakan di tiga majelis yakni majelis 1 di aula Uswatun Khasanah Kantor Kementerian Agama, majelis 2 Pendapa Cahyana, dan majelis 3 Pendapa Dipokusumo.

Sebelumnya, ba'da Ashar juga telah digelar pawai ta'aruf peserta MHQ yang dimeriahkan berbagai potensi kesenian di Purbalingga di sepanjang jalur 'kota' Purbalingga.Selain itu panitia lokal juga menggelar Bazar produk UMKM Purbalingga di ALun-alun selama berlangsungnya MHQ. Sedangkan agenda hari ini adalah lomba qasidah yang akan diikuti oleh 18 peserta kecamatan di kabupaten Purbalingga. 










MHQ akan kembali ditutup oleh Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko pada Kamis (28/8) sekitar jam 09.00 pagi dan rencananya akan kembali disiarkan langsung melalui 96,3 LPPL Ardi Lawet FM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar